KAGAMA SUMUT GELAR TALKSHOW PENGELOLAAN KEUANGAN

keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Utara, menggelar acara Temu Kangen dan Pojok Kagama di Kantor BBKSDA Sumut, Jalan SM Raja Km 5,5 No. 14 Medan, Senin (28/11/2016).

Kegiatan ini, diisi dengan Takshow yang bertemakan Pengelolaan Keuangan Dalam Keluarga, yang dibawakan oleh pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin dan Ade Rachmat Suryanto dari PT Manulife Asset Management Indonesia.

Dalam paparannya, Gunawan Benjamin menyampaikan materi tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga yang ideal, dan bagaimana manajemen investasi pada saham.

“Salah satu prinsip keuangan keluarga yang aman dan sejahtera adalah dengan menjadikan pos pengeluaran pertama tabungan. Menabung tidak harus besar, yang penting adalah keteraturan,” ujarnya.

Sedangkan, Ade R Suyanto menyampaikan materi tentang bagaimana pengelolaan investasi untuk keamanan dan jaminan keuangan pada hari tua, serta manajemen investasi dalam bentuk reksadana.

“Investasi adalah pengeluaran yang berupa cadangan keuangan, di mana dipersiapkan menjadi sumber pendapatan pada waktu tertentu. Ada beberapa alternatif investasi seperti deposito, emas, properti, pasar modal, dll,” terang Ade.

Ketua Kagama Sumut, yang juga sekaligus merupakan Direktur SDM dan Umum Pelindo I, M. Hamied Wijaya menambahkan, kegiatan ini merupakan program yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Selain menjadi ajang silaturahmi, pertemuan rutin bulanan ini pun, menjadi sarana bagi anggota Kagama untuk menambah ilmu dan pengetahuan terkait dengan hal-hal yang menjadi isu strategis, yang dapat meningkatkan mutu, citra dan reputasi anggota Kagama,” katanya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Hamied, juga diharapkan dapat mendorong setiap anggota Kagama untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu dan keahlian masing-masing, guna dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Selain kegiatan yang menambah pengetahuan, Kagama Sumut juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Hamied.