KONGSI CORE JUARA ASIA PASIFIK

Kongsi CORE, aplikasi asal Medan, Indonesia, menjadi juara Best Preexisting Updated Solution Region Asia Pasifik dalam Facebook 2018 Community Challenge.

Lead Facebook Developer Circle Medan, Sastra Panca Nababan dan Indra Gunawan juga memberikan ucapan selamat kepada Tim Kongsi Core atas prestasi tersebut.

Menurut Sastra, prestasi ini membuktikan kota Medan mampu menciptakan usaha rintisan (start up) berkelas dunia.

“Pencapaian ini diharapkan memacu tim Kongsi Core merealisasikan ide-ide bisnisnya dan membangkitkan start up lain di Medan untuk terus berkarya. Kota Medan memiliki potensi untuk menjadi pusat pengembangan start up di Indonesia,” ujar Sastra, Sabtu (25/8/2018).

Kongsi Core adalah aplikasi kegiatan sosial. Community organizer app, yang dapat digunakan untuk pengelolaan kegiatan sosial kemasyarakatan agar lebih mudah dan memenuhi standard akuntabilitas.

“Alhamdulillah, ide-ide Kongsi CORE diapresiasi Facebook,” kata

Pendiri/CEO Kongsi, Wasi Abbas dan ia bersyukur atas penghargaan ini.

Wasi menambahkan bahwa dalam kompetisi tersebut Kongsi CORE mengusulkan ide Kongsi CORE sebagai Facebook for action-based communities + community organizer app.

“Salah satu ril idenya bahwa setiap update status sebaiknya menampilkan action (tindakan-tindakan) yang berdampak baik untuk komunitas, utamanya kegiatan-kegiatan sosial. Seperti saat ini tindakan berupa memberi bantuan untuk korban gempa Lombok, berdonasi untuk penanganan bencana lombok melalui lembaga sosial dan membagikan daging qurban,” jelas Wasi.

Menurutnya, dengan update status dapat menunjukkan tindakan sosial serta lebih berarti daripada menyebarkan informasi yang meragukan kebenarannya. Saat ini fitur masih dalam pengembangan yang akan ditambahkan ke dalam Kongsi CORE versi 2.

“Kongsi CORE versi 1 saat ini dapat digunakan untuk pengaturan kegiatan sosial untuk sesama panitia kegiatan, dan donatur yang tergabung di grupnya. Dengan KONGSI CORE, panitia dapat membuat laporan kegiatan seketika (realtime) dan dapat diakses oleh seluruh panitia dan donatur,”ujarnya.

Ia mengatakan Kongsi CORE memudahkan pembagian kerja panitia, membuat daftar donatur/sponsor, laporan biaya dan daftar relawan. Kongsi CORE versi 1 dapat diunduh di playstore dan gratis.

“Kongsi merupakan usaha rintisan yang diinisiasi Bidang Usaha Dana Pengurus Daerah KAGAMA SUMUT (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Sumatera Utara), didanai oleh Pengurus Pengda dan Koperasi KAGAMA SUMUT untuk ikut memajukan industri kreatif di SUMUT dan mengembangkan sumber daya manusia di bidang usaha kreatif dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kongsi juga didukung oleh DILO Medan, di Jalan Mongonsidi dengan sarana coworking space,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *