Pojok Kagama dan Bedah Buku

POJOK KAGAMA DAN BEDAH BUKU DIGELAR

“Pojok Kagama dan Bedah Buku merupakan sarana aktualisasi diri, pengabdian masyarakat, peningkatan kompetensi, dan mempererat tali silaturahim alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta lintas fakultas, strata, dan angkatan yang berada di Sumatera Utara,” ujar Trianom Wahyudi, Sekjen Pengda Kagama Sumut dalam siaran persnya.

Pengda Kagama Sumatera Utara (SUmut) menggelar forum diskusi dan ngopi santai yang dinamakan ‘Pojok Kagama’. Acara yang dirangkai dengan bedah buku ini diadakan di Medan Club, Kamis (21/02/2019). Mendapat sambutan antusias dari peserta yang sebagian besar alumni Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada (UGM).

Trianom menyebutkan, dalam kegiatan ini pihaknya menghadirkan Prof dr Laksono Trisnantoro MSc PhD sebagai narasumber. Dengan membedah buku berjudul ‘Kebijakan Pembiayaan dan Fragmentasi Sistem Kesehatan’.

Prof Laksono menjelaskan bahwa bukunya merupakan refleksi dari pengalaman masyarakat terhadap kebijakan pembiayaan serta dampaknya terhadap sistem kesehatan nasional. Buku ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai sistem dan pembiayaan kesehatan kebijakan, supply side dalam sistem kesehatan, pemantauan Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tantangan-tantangan pelaksanaan Kebijakan JKN, serta masa lalu dan masa depan kebijakan JKN.

“Dua sistem (sistem jaminan sosial dan sistem pelayanan kesehatan). Yang fragmented ini perlu dijembatani sehingga menjadi satu kesehatan yang terpadu,” terang Prof Laksono.

Acara Pojok Kagama dan Bedah Buku ditutup oleh Ketua Pengda Kagama Sumut M Hamied Wijaya. Yang menyampaikan bahwa forum seperti ini sebagai ajang guyub, non politik, dan forum informal yang mampu mempererat silaturahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *