KAGAMA SUMUT MENGADAKAN SELEKSI MASUK UGM 2019

Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Jalur Seleksi Masuk dengan pola ujian tertulis di Kota Medan. Ujian Tulis atau UTUL UGM 2019 diselenggarakan pada Minggu (14/7).

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Sumatera Utara (Kagama Sumut), M. Hamied Wijaya mengatakan, Jumlah peserta UTUL UGM 2019 di Kota Medan sebanyak 1.417 peserta.

Dari jumlah tersebut, bidang Soshum 412 peserta dan campuran 59 peserta. Ujian dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan. Sebanyak 946 peserta bidang Saintek, ujian di Univeritas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

“UTUL UGM yang dilaksanakan di Kota Medan ini kerja sama antara UGM Yogyakarta dengan Kagama Sumut. Tujuan mempermudah para lulusan SMA dan SMK yang ingin mendaftar kuliah di UGM, agar tidak perlu jauh-jauh datang ke Yogyakarta atau Jakarta,” kata Hamied, Senin (15/7).

Pelaksanaan UTUL UGM di Kota Medan juga bertujuan untuk membantu meringankan pemerintah daerah dan orang tua calon mahasiswa. Dengan pelaksanaan di Kota Medan, diharapkan orang tua dan calon mahasiswa dari seluruh wilayah Sumut, Aceh, dan sekitarnya, dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

“Misalnya, hemat biaya untuk transportasi dan akomodasi selama ujian yang, sehingga bisa dialihkan untuk hal-hal produktif lainnya,” sebut Hamied.

Ketua pelaksana panitia lokal (Panlok) Kota Medan, Trianom Wahyudi menjelaskan, UTUL UGM 2019 merupakan salah satu jalur masuk UGM yang dibuka untuk 68 Program Sarjana dari 18 Fakultas.

Terlaksananya UTUL UGM 2019 di Medan melibatkan peran serta panitia dan pengawas sebanyak 250 orang, yang merupakan Alumni UGM Yogyakarta yang berprofesi sebagai akademisi, ASN, pegawai BUMN, swasta, pengusaha, dan berbagai bidang lainnya yang saat ini berada di Sumut.

“Ujian dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 15.15 WIB dengan materi TKD Saintek, TKDU, TPA, dan TKD Soshum,” jelasnya.

Diungkapkan Trianom, pembekalan pengawas dan panitia dilaksanakan pada Sabtu (13/7), sehari sebelum pelaksanan UTUL UGM 2019. Pembekalan oleh Dr. Slamet Widiyanto, S.Si., M.Sc. dari UGM Yogyakarta.

“Pesan beliau kepada panitia dan pengawas, bagaimana harus ikhlas dan kerja keras untuk mengawal pelaksanaan UTUL UGM agar berjalan dengan lancar. Diharapkan agar berhasil mendapatkan bibit unggul calon pemimpin bangsa,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *